49 Tahun Berdiri, Kopkarhutan KLHK Semakin Inovatif

49 Tahun Berdiri, Kopkarhutan KLHK Semakin Inovatif
Menteri LHK Siti Nurbaya dalam pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkarhutan ke-49 di Jakarta. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Koperasi Karyawan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kopkarhutan) semakin inovatif dan advance dalam usianya ke 49 tahun.

Dengan anggota 5 ribuan orang, total aset mencapai Rp. 70-an miliar, serta simpanan anggota mencapai Rp. 56 miliar, Kopkarhutan berpeluang untuk menjadi koperasi unggulan di Indonesia.

Untuk menjadikan Kopkarhutan sebagai koperasi unggul, Menteri LHK, Siti Nurbaya meminta Kopkarhutan terus melakukan inovasi terutama dalam mengembangkan rencana bisnis memanfaatkan peluang-peluang yang ada khususnya dibidang lingkungan hidup dan kehutanan agar Kopkarhutan terus maju dan berkembang.

"Saya turut berbangga Kopkarhutan semakin berjaya di usia 49 tahun. Disaat Kementerian Koperasi dan UKM membubarkan 40.013 koperasi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir karena alasan tidak aktif, Kopkarhutan tetap eksis dan terus tumbuh. Bahkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, telah terwujud peningkatan signifikan dalam pemupukan modal, penyaluran kredit, serta Selisih Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan kepada anggota," ujar Menteri Siti dalam pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkarhutan ke-49 di Jakarta, (27/2).

Selain itu Menteri Siti juga berpesan agar modernisasi dalam pengelolaan koperasi terus didorong, seperti pemanfaatan teknologi informasi, yang saat ini semakin penting keberadaannya untuk menunjang kinerja dan menjadikan pengelolaan koperasi dapat dibuat seperti pengelolaan sebuah korporasi. 

Selanjutnya Menteri Siti juga menginginkan agar seluruh ASN Kementerian LHK baik di pusat maupun di UPT, Honorer/Tenaga Upah seyogyanya menjadi anggota Kopkarhutan karena banyak manfaat yang akan diperoleh jika menjadi anggota.

Dengan menjadi anggota koperasi, maka turut membantu perekonomian bangsa karena koperasi merupakan salah satu yang telah diakui Bappenas sebagai penggerak perekonomian nasional dengan kontribusi pada pembangunan nasional sebesar 4,48% dari PDB berdasar data per triwulan III 2017, atau nilainya setara Rp452 triliun.

Jumlah tersebut diperoleh dari aktivitas koperasi di seluruh Indonesia yang terdata sebanyak 153.171 unit, dengan anggota koperasi aktif tercatat mencapai 26,54 juta orang. 

Kopkarhutan meraih Penghargaan Koperasi Terbaik dalam penilaian Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia Tingkat DKI Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News