5 Cara Ampuh Mengatasi Depresi, yang ke-3 Sangat Penting

5 Cara Ampuh Mengatasi Depresi, yang ke-3 Sangat Penting
Ilustrasi (Pexels)

jpnn.com, JAKARTA - Psikolog dari Universitas Indonesia Muthmainah Mufidah menyebut beberapa cara efektif untuk menjaga diri dari masalah kesehatan mental, seperti depresi.

1. Cari lingkungan pertemanan yang baik.

"Jika lingkungan cenderung menyoroti kekurangan terutama fisik, memang sesuatu yang sulit untuk diubah atau sebetulnya tidak perlu untuk diubah. Ini menjadikan individu lebih rentan masalah psikologis," ujar Mufidah kepada ANTARA, Jumat (26/3).

Mufidah juga menyebut, lingkungan pekerjaan atau pertemanan yang betul-betul menyoroti soal wajah dan bentuk tubuh yang dituntut sesuai standard yang beredar di masyarakat, berpotensi menimbulkan rasa tertekan pada individu.

Setiap masalah psikologis bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, pengaruh lingkungan adalah faktor eksternal yang bisa jadi pemicu serta penguat masalah.


2. Menguatkan diri sendiri sangat penting sebagai upaya bertahan, bila memang berada di lingkungan yang suka merundung soal fisik.

"Penting untuk meyakini bahwa self worth kita tidak bergantung pada siapapun, selain diri kita," ujar Co-founder Arsanara Development Partner itu.


3. Saring omongan orang lain, latih diri untuk tidak menelan bulat-bulat celetukan orang lain.

Psikolog menyarankan lima cara untuk mengatasi depresi, yang ketiga sangat penting.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News