5 Cara Melatih Pikiran agar Tetap Fokus Setiap Hari

5 Cara Melatih Pikiran agar Tetap Fokus Setiap Hari
Ilustrasi berpikir. Foto: Pixabay

jpnn.com - Anda pernah merasa tiba-tiba mengalami blank atau pikiran bercabang di tengah aktivitas? Kalau iya, itu tandanya Anda sedang tidak fokus. Nah, agar aktivitas tidak jadi terhambat, Anda perlu tahu cara untuk melatih pikiran tetap fokus.

Tidak fokus, wajarkah?

Secara umum, hilang konsentrasi memang hal yang wajar dan bisa dialami siapa saja. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid dari KlikDokter, tidak fokus merupakan gejala yang umum.

"Sering kali, lupa terhadap sesuatu disebabkan karena kurangnya konsentrasi seseorang terhadap hal yang sedang dikerjakannya. Bisa karena melamun atau karena sedang melakukan beberapa hal di saat yang bersamaan," ujarnya.

Hilang konsentrasi atau fokus bisa terjadi karena berbagai macam sebab, termasuk akibat kurangnya asupan nutrisi. Menurut dr. Resthie, diet yang kurang tepat bisa memengaruhi suplai nutrisi otak. Lapar, perubahan hormonal, dehidrasi, stres, kurang, dan jarang berolahraga juga bisa membuat Anda kurang fokus. 

Cara melatih fokus
Pikiran yang fokus sebenarnya bisa dilatih. Biasanya, latihan ini disebut dengan mindfullness. Metode ini kerap diidentikkan dengan kegiatan meditasi. Tak sepenuhnya salah karena meditasi adalah salah satu praktik mindfulness yang paling umum. 

Meski begitu, psikolog yang juga penulis di WebMD, Seth Gillihan, Ph.D menyatakan bahwa melatih fokus bukan sekadar bisa bermeditasi. Lebih dari itu, pelaku metode mindfulness akan benar-benar ‘mengalami’ hidup.

"Cara yang paling sederhana adalah membuka kesadaran terhadap pengalaman Anda saat ini. Apa yang Anda lihat, apa yang Anda dengar, dan sensasi fisik apa yang Anda perhatikan," kata Gillihan.

Sering kali, lupa terhadap sesuatu disebabkan karena kurangnya konsentrasi seseorang terhadap hal yang sedang dikerjakannya. Bisa karena melamun atau karena sedang melakukan beberapa hal di saat yang bersamaan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News