JPNN.com

Melatih Fungsi Otak Kecil dengan Ikut Lomba 17 Agustus

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 10:04 WIB Melatih Fungsi Otak Kecil dengan Ikut Lomba 17 Agustus - JPNN.com

jpnn.com - Pertandingan apa saja yang biasanya Anda ikuti dalam lomba 17 Agustus saat merayakan HUT RI? Ternyata ikut lomba semacam ini bisa melatih fungsi otak kecil, lo.

Lomba 17-an memang seakan sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun temurun di Indonesia. Beraneka jenis lomba biasanya dipertandingkan baik untuk anak maupun dewasa. Ada lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng menggunakan sendok, panjat pinang, balap karung, bakiak, bahkan lomba karaoke, dan lomba meniru pidato Soekarno pun ada.

Tak hanya selebrasi semata, tetapi ikut lomba 17-an memiliki banyak manfaat, loh. Secara sosial, lomba ini dapat meningkatkan kemampuan kerja sama, kemampuan berkomunikasi dengan sesama pemain, kekuatan mental dan emosi, serta menguatkan solidaritas.

Sedangkan secara fisik, ikut lomba 17-an secara umum dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan otak. Salah satu bagian otak yang juga ikut dilatih melalui lomba 17an adalah fungsi otak kecil.

Melatih fungsi otak kecil dengan ikut Lomba 17 Agustus
Otak kecil atau serebelum adalah satu bagian otak yang terletak di kepala bagian belakang, tepat di atas batang otak. Ukurannya memang relatif kecil jika dibandingkan dengan volume otak keseluruhan, tetapi fungsi otak kecil cukup banyak. Di antaranya adalah:

1. Menjaga keseimbangan
Otak kecil memiliki sensor untuk mendeteksi perubahan posisi tubuh. Bila ada perubahan posisi, otak kecil akan mengirim sinyal pada tubuh untuk bergerak, berpindah posisi, atau menggerakkan anggota tubuh demi memelihara keseimbangan tubuh. Selain itu, otak kecil juga membantu menjaga postur tubuh tetap tegak.

2. Koordinasi gerakan
Berbagai gerakan dalam tubuh diatur oleh otak kecil, mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Otak kecil memungkinkan tubuh melakukan gerakan-gerakan tersebut dengan mulus tanpa gemetar (tremor).

Selain itu, otak kecil juga berfungsi membantu tubuh belajar gerakan yang memerlukan latihan. Contohnya gerakan bermain alat musik seperti gitar, piano, atau biola, bersepeda, mengendarai kendaraan bermotor, dan sebagainya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy