5 Cara Mencegah Meningkatnya Kasus Covid-19 di Awal 2022

5 Cara Mencegah Meningkatnya Kasus Covid-19 di Awal 2022
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito bicara soal PON Papua dan Liga Indonesia. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan masyarakat bisa ikut mencegah melonjaknya kasus penularan virus Corona selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Masyarakat dapat mendukung pencegahan dengan melakukan persiapan yang cermat agar menikmati liburan yang produktif dan terkendali," kata Wiku melalui siaran pers, Rabu (10/11).

Wiku menuturkan saat ini kondisi kasus di wilayah Jawa-Bali maupun di luar dua pulau tersebut mulai terkendali.

Data per 8 November 2022, tersisa 0,23 persen orang yang positif Covid-19 secara nasional. Angka kematian harian sebesar 3,38 persen dan angkat kesembuhan sebesar 96,93 persen.

Wiku mengingatkan pengalaman libur panjang selama dua tahun terakhir ada kecenderungan kelalaian protokol kesehatan pada mobilitas masyarakat sehingga memicu lonjakan kasus.

Ada lima hal yang harus dilakukan masyarakat demi mencegah meningkatnya kasus di awal 2022.

Pertama, menjalankan protokol kesehatan 3M secara komprehensif dan konsisten. Artinya tidak terpisah-pisah dalam memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

"Kebijakan itu harus terintegrasi, mengingat satu dan upaya lainnya saling mengisi celah penularan Covid-19. Selain itu, protokol kesehatan harus diterapkan di mana pun dan kapan pun selama rangkaian kegiatan dan perjalanan," kata Wiku.

Ada lima hal yang harus dilakukan masyarakat demi mencegah meningkatnya kasus Covid-19 di awal 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News