5 Cara Mencuci Baju Putih agar Tetap Terlihat Seperti Baru

5 Cara Mencuci Baju Putih agar Tetap Terlihat Seperti Baru
Mengetahui pertolongan pertama membersihkan noda di baju putih air itu sangat penting. Foto: Unplash

jpnn.com, JAKARTA - Memakai baju putih bisa memberikan kesan rapi dan bersih sehingga cocok untuk dipakai di berbagai kesempatan.

Namun, baju putih lebih rawan luntur, apalagi kalau kita mencucinya dengan teknik yang salah.

Kelunturan tersebut bisa disebabkan oleh serat pakaian berwarna, seperti katun. Bahan katun memiliki pigmen alami yang akan melepaskan warna bila dicuci dengan deterjen kuat.

Berikut beberapa cara mencuci pakaian putih yang bisa kamu lakukan agar tidak luntur.

1.  Pisahkan dengan Warna Lain
Pertama-tama, kita harus memisahkan antara  pakaian putih dan berwarna. Pakaian putih harus dicuci secara terpisah dari warna lain untuk mencegah kelunturan.

2.   Pakai Pengangkat Noda
Sebelum mencuci, sebaiknya hilangkan noda yang menempel dahulu. Kamu hanya perlu merendam pakaian putih semalaman di dalam campuran pemutih klorin. Namun, hindari memakai cairan pemutih terlalu banyak agar tidak merusak serat pakaian.

3.   Atur Temperatur Air
Saat mencuci pakaian putih, kamu dapat mengatur temperatur air menjadi panas untuk menghilangkan bekas kotoran dan keringat tubuh. Buat tingkatan panasnya, kamu bisa menyesuaikan dengan bahan pakaian tersebut.

 Untuk bahan katun, pilih temperatur paling panas sedangkan pakaian berbahan polyester dan sintetis, sebaiknya atur temperatur air menjadi hangat saja.

Baju putih lebih rawan luntur, apalagi kalau kita mencucinya dengan teknik yang salah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News