5 Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur

5 Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur
Ilustrasi kaki. Foto : Pixabay

jpnn.com - Pernahkah Anda terbangun kesakitan dari tidur akibat kaki tiba-tiba kram? Selain bisa timbulkan nyeri sampai merintih, kram kaki tentu sangat mengganggu karena membangunkan tidur nyenyak Anda. Bila sampai terjadi lagi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Kaki kram pada malam hari saat tidur disebut juga sebagai nocturnal leg cramps. Menurut American Academy of Family Physician, kondisi ini dialami oleh lebih dari 60 persen orang dewasa dan menjadi salah satu penyebab utama insomnia.

Umumnya, kram terjadi di otot betis, terjadi secara tiba-tiba, berlangsung selama beberapa menit, kemudian berkurang namun rasa nyeri dan pegal bisa saja menetap.

Mengapa kram kaki bisa terjadi?

Kram otot terjadi ketika otot tanpa sadar berkontraksi dengan sendirinya. Biasanya, Anda akan merasakan benjolan keras di titik nyeri, itulah pusat otot yang berkontraksi. 

Kram terjadi karena ketegangan otot setempat, kelelahan otot, terlalu sering digunakan, atau efek dari tubuh yang mengalami dehidrasi. 

Selain itu, kram pada tubuh juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan elektrolit, seperti kalium atau magnesium. Mineral ini memiliki peranan penting, yaitu membantu otot bekerja lebih lancar, sementara cairan yang cukup akan membantu tubuh dalam memproses mineral tersebut. 

Sebagian besar kasus kram otot tidak menunjukkan kondisi mendasar yang mengkhawatirkan, tapi individu yang berusia 65 tahun ke atas memiliki risiko lebih besar mengalaminya. Kram juga mungkin terkait dengan alkoholisme, hipotiroidisme, atau diabetes.

Kram kaki tentu sangat mengganggu karena membangunkan tidur nyenyak Anda. Bila sampai terjadi lagi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News