5 Cara Menghindari Kantuk Selain dengan Minum Kopi

5 Cara Menghindari Kantuk Selain dengan Minum Kopi
Ilustrasi mengantuk. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Ada kalanya rasa kantuk menyerang di saat yang tidak tepat, misal ketika Anda harus mengerjakan deadline pekerjaan. Bisa ditebak, minum kopi sering menjadi pilihan utama untuk menghindari atau melawan kantuk. Tapi sebenarnya, ada beberapa alternatif cara mencegah kantuk selain minum kopi, seperti:

1. Berolahraga 

Berolahraga bisa membantu menjaga sirkulasi darah sehingga Anda dapat terjaga. Ini karena olahraga memicu produksi adrenalin lebih banyak dan meningkatkan suhu dalam tubuh.

Selain itu, berolahraga bisa meningkatkan denyut jantung dan mengirimkan suplai oksigen ke otak, otot, dan pembuluh darah lebih lancar. Anda pun akan lebih terjaga sekaligus lebih segar. Jadi, cobalah untuk berjalan sejenak selama 10 menit atau berlari-lari kecil saat rasa kantuk menyerang.

2. Berada di cahaya yang terang benderang

Tahukah Anda, berada di cahaya yang terang benderang dapat "menipu" tubuh untuk tetap terjaga? Menurut penelitian, paparan sinar matahari memicu pengeluaran hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood dan menurunkan produksi berlebih hormon melatonin (hormon yang membuat Anda merasa mengantuk).

Ketika Anda sedang di kantor dan rasa kantuk menyerang, cobalah habiskan waktu 30 menit di luar ruangan dan bertemu sinar matahari. Selain membuat Anda kembali terjaga, mata Anda pun bisa beristirahat sejenak dari komputer.

3. Turunkan suhu ruangan

Jika rasa kantuk menyerang dan Anda bosan minum kopi, cobalah melakukan tips yang telah dijelaskan di atas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News