4 Manfaat Rutin Minum Kopi bagi Kesehatan

4 Manfaat Rutin Minum Kopi bagi Kesehatan
Minum kopi. Foto: Gstockstudio/123rf

jpnn.com - Tren minum kopi semakin mendarah daging di Indonesia sejak menjamurnya kedai-kedai kopi kekinian. Selain enak rasanya, ternyata kopi juga berkhasiat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berbagai macam varian kopi kini pun tersedia di berbagai kedai di seluruh penjuru Tanah Air, mulai dari kopi hitam hingga yang dicampur dengan bahan seperti susu. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Sumatera, Jawa, dan Sulawesi adalah satu dari sekian pulau dengan kualitas biji kopi yang sudah tidak diragukan lagi di mata internasional. Bicara soal kopi dan hubungannya dengan kesehatan, dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter memberikan penjelasan.

“Rutin minum kopi akan mengurangi risiko Anda terkena berbagai jenis penyakit. Bahkan, minum kopi bisa membuat Anda berumur lebih panjang. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa minum kopi berkaitan dengan penurunan risiko kematian pada pria sebesar 20 persen dan pada wanita sebesar 26 persen,” ujar wanita yang akrab dipanggil dr. There ini.

Manfaat minum kopi secara rutin

Dari penjelasan dr. There di atas bisa disimpulkan bahwa aktivitas minum kopi memang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Bahkan Anda dianjurkan untuk minum kopi secara rutin. Faktanya - selain yang telah disebutkan di atas – rutin minum kopi dapat memberikan sederet manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

1.Sumber antioksidan yang baik

Sejak ditemukannya tanaman kopi yang konon berasal dari Ethiopia, masyarakat dunia berbondong-bondong untuk menjadikannya ekstrak yang dapat diminum. Kopi disinyalir sebagai salah satu sumber antioksidan penting bagi tubuh yang mampu mengurangi risiko seseorang terkena penyakit apapun.

Jumlah kafein yang direkomendasikan untuk meningkatan produktivitas adalah 2-6 miligram kafein per kilogram berat badan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News