JPNN.com

5 Cara Meningkatkan Kolagen Secara Natural

Rabu, 16 Oktober 2019 – 12:11 WIB 5 Cara Meningkatkan Kolagen Secara Natural - JPNN.com

jpnn.com - Meski usia bertambah, setiap orang tentu ingin kulit tetap sehat, tampak awet muda, dan elastis. Untuk meraihnya, diperlukan kadar kolagen yang cukup. Juga diproduksi di dalam tubuh, ada beberapa cara untuk meningkatkannya secara natural.

Kolagen adalah sejenis protein yang terdapat dalam otot, tulang, urat, hingga kulit. Fungsinya adalah sebagai perekat tubuh, sehingga tampilan fisik terlihat sehat, bugar, dan kuat.

Dari KlikDokter, dr. Dyan Mega Inderawati mengatakan bahwa sejatinya tiap individu memiliki kolagen alami dalam tubuh. Namun, kadarnya bisa berbeda-beda.

“Selain usia yang bertambah, gaya hidup juga memengaruhi kadar kolagen alami dalam tubuh. Jika kulit terlihat kusam, muncul kerutan dini, badan sering lemas, bahkan sering nyeri sendi, Anda perlu waspada karena bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan kolagen,” kata dr. Dyan menjelaskan.

Jangan cemas, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah kolagen dalam tubuh. Apa saja?

1. Manfaatkan lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan alami yang sudah lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meningkatkan kesehatan kulit. Selain tinggi akan antioksidan, lidah buaya juga mengandung kolagen.

Dikatakan oleh dr. Sara Elise Wijono, M.Res, juga dari KlikDokter, ada studi yang dilakukan pada wanita di atas usia 45 tahun yang menemukan bahwa aloe vera bisa mengurangi tanda penuaan pada kulit. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...