5 Cara Mudah Menghentikan Kecanduan Konsumsi Gula

5 Cara Mudah Menghentikan Kecanduan Konsumsi Gula
ILUSTRASI. FOTO: Laman Eatthis

jpnn.com - Tidak ada yang akan menyangkal bahwa gula menawarkan kenikmatan karena rasanya yang manis dan lezat. Sayangnya, meski kita tahu risiko jangka panjang mengonsumsi gula berlebihan, sering kali kita tidak mampu membatasi konsumsi gula.

Saa kita bosan, hingga depresi, keinginan mengonsumsi gula bahkan semakin menjadi.

Untuk mencegahnya, berikut adalah beberapa cara menghentikan kecanduan gula, seperti dilansir laman Eatthis, Minggu (14/2).

1. Mendidik Diri Anda

Sebelum Anda panik dan membuang segala sesuatu di dapur Anda, luangkan waktu untuk memahami rekomendasi gula resmi dan perbedaan antara gula buatan dan gula alami.

Buah-buahan, sayuran dan produk susu plain merupakan gula alami dan Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Karena buah-buahan dan sayuran mengandung nutrisi lain seperti serat dan lemak sehat, hati tidak memproses gula dengan cara yang sama seperti ketika Anda mengonsumsi cookie atau bar Twix. Dengan kata lain, gula dalam apel dan paprika tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan dan diabetes seperti soda.

2. Look for Aliases

Nah, sekarang Anda tahu mana bahan yang harus dicari namun Anda tidak berhenti di situ. Ada lebih dari 56 nama yang berbeda untuk tambahan gula termasuk sirup jagung fruktosa tinggi, sirup tebu, molase, agave, sirup beras merah, sirup maple dan sukrosa.

Jika beberapa bentuk gula muncul pada label, pikir dua kali tentang menambahkannay kedalam regular diet Anda, karena hal tersebut mungkin malah justru membahayakan Anda.

Tidak ada yang akan menyangkal bahwa gula menawarkan kenikmatan karena rasanya yang manis dan lezat. Sayangnya, meski kita tahu risiko jangka panjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News