Rabu, 19 Juni 2019 – 11:51 WIB

5 Cara Praktis yang Efektif Cegah Meningitis

Senin, 30 April 2018 – 04:29 WIB
5 Cara Praktis yang Efektif Cegah Meningitis - JPNN.COM

jpnn.com - Meningitis menjadi suatu penyakit berbahaya yang kerap muncul tanpa disadari. Ini karena penyakit tersebut memiliki gejala yang sangat umum, sehingga baru terdeteksi saat kondisi pasien sudah dalam bahaya.

Menurut dr. Sepriani Trimurtini Limbong dari KlikDokter, meningitis adalah radang selaput otak yang terjadi akibat adanya infeksi virus, bakteri atau jamur. Keadaan ini lebih sering menimpa bayi, anak dan usia lanjut, meski tak menutup kemungkinan menyerang semua golongan usia.

Gejala meningitis

Meningitis memberikan gejala yang sangat bervariasi, tergantung usia penderitanya.

Gejala meningitis pada anak dan orang dewasa

Pada anak di atas 2 tahun dan orang dewasa, gejala meningitis dapat berupa demam, sakit kepala, kaku leher dan penurunan kesadaran.

“Demam terjadi secara tiba-tiba, dengan suhu yang mencapai 40°C. Kondisi ini biasanya diikuti dengan hadirnya sakit kepala hebat dan kaku di leher, yang membuat penderita sulit menundukkan kepala,” kata dr. Sepri.

Pada kondisi yang sudah terlanjur parah, lanjut dr. Sepri, penderita meningitis dapat mengalami penurunan kesadaran, misalnya bicara meracau hingga tak sadarkan diri.

SHARES
TAGS   meningitis otak
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar