JPNN.com

5 Efek Negatif Tidur Terlalu Lama

Rabu, 13 November 2019 – 11:29 WIB 5 Efek Negatif Tidur Terlalu Lama - JPNN.com

jpnn.com - Akhir pekan biasanya jadi waktu yang paling ditunggu, karena bisa merasakan tidur nyenyak dan bisa tidur terlalu lama tanpa harus mengingat adanya pekerjaan yang belum selesai.

Tapi fakta berkata lain. Rupanya, tidur terlalu lama juga tidak baik untuk tubuh, bahkan bisa memicu munculnya berbagai penyakit. 

Jika Anda adalah salah satu orang yang selalu menghabiskan waktunya untuk tidur lama dan melewati batas sewajarnya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini, karena bisa berdampak pada kondisi kesehatan yang serius.

Bahaya kebanyakan tidur 

Tidur berlebihan atau yang biasa disebut dengan hipersomnia merupakan gangguan medis yang memungkinkan seseorang untuk mengalami rasa kantuk lebih ekstrem sepanjang hari. Banyak orang dengan hipersomnia mengalami gejala kecemasan, kurang bertenaga dan gangguan pada fungsi otak.

Tidak berhenti sampai di situ, dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter memaparkan, bahwa ada kondisi kesehatan lainnya yang juga mungkin akan dialami oleh penderita hipersomnia. Berikut efeknya: 

1. Depresi

Bukan terbangun dengan rasa senang, tapi bagi mereka yang sering tidur terlalu lama, akan bangun dengan suasana hati yang kurang menyenangkan. Hal ini dikarenakan fungsi otak penderita hipersomnia tidak bisa bekerja dengan maksimal, dan tubuh orang tersebut akan mengalami kelelahan yang cukup ekstrem.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...