Tidur Pakai Kipas Angin Rentan Bikin Perut Kembung?

Tidur Pakai Kipas Angin Rentan Bikin Perut Kembung?
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Jika kamar tidak dilengkapi AC, sebagian besar orang memilih tidur pakai kipas angin untuk menciptakan udara yang lebih sejuk. Namun, ada juga yang tidak mau pakai kipas angin lantaran takut masuk angin. 

Sebelumnya Anda perlu tahu bahwa AC maupun kipas angin mengeluarkan suara white noise yang bisa menjadi pengiring tidur supaya lebih nyenyak. Sayangnya, pakai kipas angin saat tidur memang kurang baik bagi kesehatan. 

Bukan cuma bisa sebabkan masuk angin

Walaupun dapat menghilangkan rasa gerah, paparan angin dari kipas angin ternyata dapat membuat otot-otot tubuh menjadi tegang bahkan kram.

Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang sering mengarahkan kipas angin secara langsung ke wajah dan leher. 

Tidur pakai kipas angin sebenarnya juga kurang baik bagi penderita alergi. American Academy of Allergy, Asthma and Immunology (AAAAI) menyatakan bahwa putaran kencang dari kipas angin dapat mengumpulkan tungau debu dengan mudah. Tungau debu itu sendiri merupakan salah satu penyebab kumatnya alergi.

Agak berbeda dengan AC, udara yang dihasilkan oleh kipas angin memang lebih berpusat ke suatu sudut. 

Sekalipun bisa diatur untuk berputar, paparan udara yang cukup keras saat putaran kipas tertuju pada tubuh bisa bikin Anda kedinginan. Nah, ketika kedinginan, daya tahan tubuh cenderung menurun. Anda pun jadi mudah terkena flu. 

Sebagian besar orang memilih tidur pakai kipas angin untuk menciptakan udara yang lebih sejuk. Namun, ada juga yang tidak mau pakai kipas angin lantaran takut masuk angin.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News