JPNN.com

5 Fakta tentang Norovirus, Virus Lama yang Muncul Kembali

Selasa, 20 Oktober 2020 – 13:14 WIB
5 Fakta tentang Norovirus, Virus Lama yang Muncul Kembali - JPNN.com
Norovirus muncul lagi. Foto: healthybuilds

jpnn.com, JAKARTA - Belum selesai wabah virus corona (Covid-19) yang bermula di Kota Wuhan, Tiongkok, kini muncul wabah lain di negara itu.

Dilaporkan sebanyak 70 mahasiswa di universitas di daerah Taiyuan, Tiongkok positif terinfeksi norovirus, pada 7 Oktober 2020. Mereka mengalami muntah-muntah dan diare.

Norovirus dianggap sebagai penyebab paling umum dari gastroenteritis akut (penyakit diare dan muntah) di seluruh dunia.

Virus yang pertama muncul di tahun 1972 ini ternyata juga ditemukan di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang juga spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD(K).

"Virus ini (norovirus) juga ada di Indonesia seperti yang dilaporkan oleh peneliti Indonesia di jurnal internasional dari Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga," kata Prof Ari dalam rilisnya. (ngopibareng/jpnn)
 
Berikut ini 5 fakta Norovirus:

1. Muncul pertama kali pada tahun 1972

Norovirus adalah virus yang bisa menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Tak hanya di China, virus yang ditemukan juga di Indonesia ternyata pertama kali muncul pada tahun 1972. Virus ini muncul dan mewabah pertama kalinya di Kota Norwalk, hingga akhirnya disebut sebagai virus Norwalk.

2. Gejala Norovirus

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia