5 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Persediaan Barang untuk Bisnis

5 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Memilih Aplikasi Persediaan Barang untuk Bisnis
Persediaan barang untuk bisnis bisa dikelola melalui aplikasi. Foto: tangkapan layar Jurnal by Mekari

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Bisnis tidak selalu berurusan dengan penjualan dan pemasaran, tetapi juga harus memantau stok produk yang tersedia.

Kehadiran aplikasi persediaan barang membuat kegiatan inventaris stok produk semakin lancar.

Bukan hanya itu, aplikasi ini bisa meminimalkan kesalahan input data stok barang karena bersifat otomatis.

Strategi Persediaan Barang Dagang

Berikut ini terdapat beberapa cara yang dilakukan perusahaan dagang untuk mengatur dan mempersiapkan persediaan barang dagang mereka loh. Dibawah ini penjelasannya!

  • Lot Size Inventory (Bath Stock)

Istilah ini berarti pengadaan persediaan barang dagang dalam jumlah besar melebihi perkiraan kebutuhan yang ada pada saat ini. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan potongan harga dan ongkos pengiriman persediaan barang dagang. Biasanya supplier memberikan potongan harga dan ongkos pengiriman per unit menjadi lebih murah apabila pembelian barang dilakukan dalam jumlah yang besar.

  • Fluctuation Stock (Stok Fluktuasi)

Sesuai namanya, fluctuation stock adalah pembelian persediaan barang untuk menghadapi kemungkinan terjadi fluktuasi permintaan dari pelanggan yang sulit diperkirakan. Pengadaan ini lebih bersifat berjaga-jaga terhadap permintaan konsumen yang tiba tiba melonjak secara drastis dan tidak diprediksi sebelumnya. Ketika permintaan meningkat tapi, stok persediaan tidak mencukupi, maka itu adalah kerugian bagi perusahaan.

  • Anticipation Stock (Persediaan Antisipasi)

Adalah pembelian persediaan barang untuk menghadapi lonjakan permintaan dari konsumen yang bisa diramalkan atau telah diperkirakan. Biasanya pedagang menggunakan perkiraan dari pola konsumsi masyarakat sepanjang tahun yang umum terjadi. Contoh sebulan atau dua bulan sebelum hari raya idul fitri, pedagang pakaian umumnya telah membeli persediaan dalam jumlah besar karena sudah bisa diprediksi bahwa mendekati lebaran permintaan pakaian akan melonjak secara drastis. Maka, pedagang akan menyetok pakaian untuk berjaga jaga agar tidak kekurangan barang.

Ada lima poin penting bagi pengusaha untuk memilih aplikasi persediaan barang untuk bisnis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News