5 Kabupaten di Jateng Alami Kemiskinan Ekstrem, Ini Penjelasan Ganjar Pranowo

5 Kabupaten di Jateng Alami Kemiskinan Ekstrem, Ini Penjelasan Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperingatkan lima kabupaten di Jateng. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemprov sedang menyiapkan skema untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan ekstrem di lima kabupaten.

Termasuk memetakan hingga level terendah untuk mengambil langkah percepatan dalam tiga bulan ke depan.

"Wapres memberikan perintah kepada kami untuk dikerucutkan pada lima kabupaten. Itu kami kerucutkan lagi sampai level yang paling rendah yang ada di desa," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai mengikuti rapat koordinasi terkait percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem yang dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara daring, Selasa (28/9).

Ganjar menjelaskan lima kabupaten prioritas atau paling rendah itu kemudian akan direspons dengan verifikasi dan validasi data.

Validitas data tersebut akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sosial, untuk kemudian dikerjakan sesuai dengan indikator yang ada. 

"Sebenarnya dulu ada 14 indikator dan sekarang sudah di-extend cukup banyak. Misal dari aspek perumahannya, saya kira itu akan sangat bisa dilakukan dengan cepat ketika seluruh sektor dikonsolidasikan untuk konsentrasi pada kelompok itu. Perintah Wapres tadi sangat tepat, sangat bagus, sehingga betul-betul kita bisa mencari target yang terseleksi dan itulah yang masuk ke desil satu," jelasnya.

Menurut Ganjar, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebenarnya sudah sejalan dengan program itu.

Tugas pemerintah daerah saat ini adalah menyiapkan data itu dengan benar, sesuai fakta, dan sesuai dengan data dari pemerintah pusat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang mengambil langkah menanggulangi penanggulangan kemiskinan ekstrem di lima kabupaten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News