5 Kader NU Kandidat Cawapres, Salah Satu Potensial jadi Pendamping Anies

5 Kader NU Kandidat Cawapres, Salah Satu Potensial jadi Pendamping Anies
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) bersama bakal capres 204 Anies Baswedan di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JEMBER  - Pengamat politik dari Universitas PGRI Argopuro Jember Moch Eksan menilai ada lima kader Nahdlatul Ulama (NU) yang layak menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 mendatang.

Lima kader NU dimaksud, yakni Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno.

"Lima nama tersebut layak sebagai calon wakil presiden untuk digandeng oleh calon presiden yang ada. Para capres sama-sama mengincar figur-figur tersebut," katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (26/5).

Tiga kandidat capres, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, ada kecenderungan tertarik menggaet kader NU dalam bursa cawapres pada  Pilpres 2024.

"Prabowo saat ini dekat dengan Muhaimin Iskandar. Kubu Ganjar cenderung kepada Erick sebagai cawapres. Kubu Anies cenderung kepada Khofifah sebagai cawapres," ucap dosen pengajar mata kuliah Ahlussunnah Waljamaan (Aswaja) Universitas PGRI Argopuro Jember itu.

Dikatakan, dengan konfigurasi pasangan calon itu, sesungguhnya secara natural NU telah menjadi pemenang pada Pilpres 2024 dan itu berkah Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf yang menyebut NU tidak ke mana-mana. Namun, ada di mana-mana.

Sebelumnya nama Khofifah disebut oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sebagai salah satu kandidat cawapres pendamping Anies Baswedan.

KPP terdiri dari Partai Nasdem, PKS dan Partai Demokrat Demokrat.

Berikut ini 5 kader NU yang masuk bursa cawapres di Pilpres 2024, salah satunya sudah disebut potensial jadi pendamping Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News