Siapa Pendamping Anies? Din Langsung Sebut Nama, PKS Yakin Memberi Efek Kejut

Siapa Pendamping Anies? Din Langsung Sebut Nama, PKS Yakin Memberi Efek Kejut
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) bersama bakal cawapres Anies Baswedan di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Hingga saat ini belum diketahui siapa sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengaku telah memberikan sejumlah masukan kepada Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengenai kriteria bakal cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan.

Menurut Din Syamsuddin, Anies Baswedan dipersepsikan oleh masyarakat sebagai figur muslim, sehingga lebih cocok dipadukan dengan sosok nasionalis.

Din membeberkan sederet nama yang berpotensi menjadi bakal cawapres Anies Baswedan, mulai dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa.

Pemilik nama lengkap Muhammad Sirajuddin Syamsuddin itu menilai semua tokoh tersebut masuk dalam kriteria yang cocok untuk mendampingi Anies.

"AHY masuk dalam kategori itu, 'kan dari Partai Demokrat. Kalau Khofifah, dari tokoh muslimah. Jadi, sepenuhnya kepada partai pengusung dan kepada calon presiden," kata Din di Jalan Margasatwa, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (23/5).

Meski begitu, semua keputusan ada di tangan partai politik pengusung.

Dia juga menyarankan agar tokoh-tokoh yang terpilih harus menjunjung nilai pluralisme karena Indonesia adalah bangsa yang majemuk.

Tentang siapa pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024, Din Syamsuddin berani menyebut dua nama. Silakan simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News