5 Kiat Atasi Pusing dan Dehidrasi bagi Petugas Pemilu

5 Kiat Atasi Pusing dan Dehidrasi bagi Petugas Pemilu
Suasana di TPS Petamburan. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com - Hari ini (17/4) merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya dalam pelaksaan Pemilu. Kondisi ini akan semakin perlu perhatian ekstra jika Anda terlibat sebagai petugas Pemilu.

Anda wajib menjaga ketertiban pelaksanaan proses pencoblosan kertas suara dari pagi sampai siang hari. Jika Anda tidak hati-hati, saking sibuknya Anda bisa terkena dehidrasi hingga pusing.

Kesibukan yang Anda jalani sejak hari-hari menjelang Pemilu hingga tiba waktu Pemilu memang rentan membuat gangguan kesehatan tersebut. Untuk mencegahnya, lakukan beberapa langkah sehat di bawah ini.

1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, pusing dapat muncul akibat paparan sinar matahari dan udara panas. Kondisi ini juga rentan dialami oleh petugas Pemilu.

Biasanya, area yang dipakai untuk mencoblos saat Pemilu berlangsung adalah area terbuka yang rentan terpapar terik matahari. Meski banyak juga tempat pemungutan suara yang sudah memanfaatkan tenda, namun kondisi ini juga bisa membuat kondisi udara menjadi pengap dan panas.

“Karena itu, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung atau berada di bawah matahari terlalu lama.” jelas dr. Astrid. Akan lebih baik bila Anda mengenakan topi untuk melindungi kepala dan kenakanlah pakaian berbahan sejuk.

2. Beristirahatlah sejenak

Sudah semestinya Anda menjalankan tanggung jawab dengan baik saat menjadi petugas Pemilu. Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News