5 Kiat Gunakan Ponsel dengan Aman

5 Kiat Gunakan Ponsel dengan Aman
Ilustrasi zombi gawai. Foto: The New York Times

jpnn.com - Penggunaan ponsel saat ini sudah erat dengan kegiatan kita sehari-hari. Bahkan bisa dibilang hampir 24 jam kita menggunakan ponsel, entah untuk kerja, komunikasi maupun meng-update kegiatan di media sosial.

Berikut tips menggunakan ponsel dengan aman:

Dilansir Reader’s Digest, spesialis onkologi Ronald B. Herbeman, MD, Direktur Universitas Pittsburgh Cancer Institute bersama dengan ilmuwan dari The BioInitiative Working Group merekomendasikan cara agar penggunaan ponsel tetap aman:

1. Anak-anak di bawah 12 tahun sebaiknya tidak menggunakan ponsel, kecuali darurat. Tengkorak mereka lebih tipis dari orang dewasa, sehingga dapat menyerap lebih banyak radiasi.

2. Jauhkan tubuh dari ponsel saat menggunakannya. Untuk ibu hamil, lebih baik tidak dekat-dekat dengan ponsel karena perkembangan organ janin sensitif terhadap radiasi EMF.

3. Jika Anda sering mengantongi ponsel di celana, hentikan kebiasaan ini. Lebih baik bawa ponsel di kantong khusus.

4. Jangan meletakkan ponsel dekat kepala saat malam hari atau di bawah bantal.

5. Hindari pemakaian ponsel saat sinyal lemah, terutama di kereta atau mobil. Kondisi ini akan meningkatkan EMF karena ponsel sedang mencari koneksi.

Dengan tips tersebut, Anda dapat menggunakan ponsel dengan lebih aman dan menghindari efek negatifnya terhadap kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News