5 Kiat Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

5 Kiat Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif
Ilustrasi kulit sensitif. Foto: klikdokter

jpnn.com - Bagi Anda pemilik kulit sensitif, perlu perawatan dan perhatian ekstra. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati memilih produk kecantikan, termasuk kosmetik, agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Lantas, bagaimana memilih kosmetik yang aman untuk kulit sensitif?

Hal yang perlu diketahui tentang kulit sensitif

Memiliki kulit sensitif biasanya sering menimbulkan reaksi dari faktor pencetusnya, seperti produk perawatan/kecantikan kulit, bahan kimia tertentu, atau lingkungan, seperti cuaca dan panas.

Umumnya, ciri kulit sensitif, yaitu kemerahan, gatal, kulit mengelupas, sensasi terbakar, atau kulit berkerak saat terkena atau menggunakan faktor-faktor pencetusnya tersebut.

Kulit sensitif paling banyak berada di bagian wajah, kelopak mata, ketiak, selangkangan atau bahkan kulit kelamin. Bagian-bagian itu memiliki area kulit yang lebih tipis, sehingga cenderung lebih sensitif terhadap paparan lingkungan atau produk tertentu. Kondisi kulit ini pun lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Pemilik kulit sensitif umumnya memiliki jenis kulit yang kering. Dilansir dari Mayo Clinic, kulit yang sangat kering bisa berkaitan dengan kondisi kulit tertentu secara medis, seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis.

Tips memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Untuk mencegah terjadinya iritasi, pemilik kulit sensitif perlu memilih produk yang aman untuk kulitnya. Termasuk saat memilih produk kosmetik untuk mempercantik diri. Lalu, bagaimana memilih produk kosmetik yang aman? Berikut tipsnya untuk Anda:

Umumnya, ciri kulit sensitif, yaitu kemerahan, gatal, kulit mengelupas, sensasi terbakar, atau kulit berkerak saat terkena atau menggunakan faktor-faktor pencetusnya tersebut.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News