JPNN.com

5 Kiat Mencuci Muka agar Terbebas dari Keriput

Sabtu, 18 Juli 2020 – 04:32 WIB
5 Kiat Mencuci Muka agar Terbebas dari Keriput - JPNN.com

jpnn.com - Mencuci muka merupakan rutinitas harian yang dilakukan oleh hampir setiap orang. Apa pun jenis kulit Anda, mencuci muka sebaiknya dilakukan setiap hari untuk menyingkirkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang digunakan. 

Jika dibiarkan menumpuk dan tidak dibersihkan, maka seseorang akan rentan mengalami jerawat.

Namun hendaknya Anda tidak mencuci muka terlalu sering, karena hal tersebut dapat mengikis lapisan minyak alami.

Akibat terlalu sering mencuci muka yang akan Anda rasakan adalah kulit wajah terasa seperti tertarik, kering, gatal, atau mengelupas.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, AS, air keran yang digunakan saat cuci muka juga dapat mengikis lapisan minyak alami dan kelembapan alami kulit.

Jika lapisan pelindung alami kulit hilang, maka kulit akan menjadi kering dan rentan terbentuk kerutan. Hal inilah yang menjadi penyebab wajah keriput.

Selain itu, penggunaan sabun cuci muka yang mengandung butiran scrub sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit kering dan sensitif, karena akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari mencuci muka terlalu sering. Terkikisnya lapisan pelindung alami kulit akibat sering cuci muka akan membuat bakteri lebih mudah masuk, menyebabkan jerawat, kemerahan, iritasi, peradangan kulit, serta menjadi penyebab kulit keriput di usia dini.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy