Minggu, 18 Agustus 2019 – 10:30 WIB

5 Kiat Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Rabu, 24 Juli 2019 – 05:05 WIB
5 Kiat Menjaga Kesehatan Paru-Paru - JPNN.COM

Paru-paru. Foto: Pixabay

jpnn.com - Selain jantung dan otak, paru-paru adalah organ vital manusia yang mengatur pernapasan. Supaya prosesnya lancar, Anda perlu menjaga kesehatan paru-paru dengan baik. Ada tips yang bisa dengan mudah Anda ikuti untuk memastikan kondisinya tetap prima.

Dalam kerjanya, paru-paru dibantu otot-otot pernapasan menjadi ‘pompa udara’ ketika Anda menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Pertukaran kedua gas tersebut terjadi dalam jaringan kecil berbentuk seperti kantung, yang bernama alveolus.

Nantinya, oksigen yang Anda hirup akan masuk ke pembuluh darah dan dialirkan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan bahan bakar metabolisme. Inilah kenapa paru-paru menjadi organ yang sangat penting karena fungsinya yang sangat mendasar bagi kehidupan manusia.

Sayangnya, karena paru-paru mempunyai hubungan dengan dunia luar yang tersambung dengan saluran pernapasan, risiko penyakit dan bahaya dari luar membuat kesehatannya terancam.

Tips menjaga kesehatan paru-paru

Jika paru-paru terpapar alergen, polutan, atau mikroba, maka gangguan bisa muncul. Dengan mengetahui betapa penting peran dan tingginya risiko organ ini, maka sudah seharusnya Anda turut memprioritaskan kesehatan paru-paru. Cara mudahnya adalah dengan mengikuti tips di bawah ini.

1. Berhenti merokok dan hindari paparan asapnya
Merokok adalah penyebab utama beragam masalah pada paru-paru. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, dan fibrosis paru adalah penyakit yang paling sering timbul akibat kebiasaan buruk tersebut.

Selain itu, rokok juga dianggap menjadi penyebab utama terjadinya kanker paru. Sebagai informasi, kanker paru adalah penyumbang kematian nomor satu di dunia. Selain masalah pada paru, rokok juga meningkatkan risiko terjadinya masalah pembuluh darah, sehingga berdampak pada kejadian serangan jantung dan stroke.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar