Sabtu, 17 Agustus 2019 – 19:48 WIB

6 Makanan ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Paru

Selasa, 16 Juli 2019 – 14:29 WIB
6 Makanan ini Bisa Turunkan Risiko Kanker Paru - JPNN.COM

jpnn.com - Pola hidup sehat sangat direkomendasikan sebagai salah satu langkah pencegahan kanker. Faktanya, ada beberapa makanan yang bisa menurunkan risiko kanker paru. Apa saja?

Sejak meninggalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho beberapa waktu lalu, tingkat kewaspadaan masyarakat akan kanker paru meningkat. Pasalnya, tidak merokok pun bukan jaminan seseorang bebas kanker. Kondisi itu pula yang pernah dialami Pak Sutopo.

Makanan ini bisa turunkan risiko kanker paru

Salah satu cara mudah untuk melindungi diri dari kanker adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa makanan penurun risiko kanker yang bisa Anda masukkan ke dalam menu harian.

1. Apel

Sebuah penelitian berskala besar yang diterbitkan dalam jurnal medis “PLOS One” menemukan, apel mengandung flavonoid yang melimpah sehingga dapat menurunkan risiko kanker paru. Asupan flavonoid, flavonol, flavon dan flavaon, flavonol quercetin dan kaempferol memang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker yang berhubungan dengan rokok. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi buah ini setiap hari.

2. Bawang putih

Sebuah penelitian di Cina menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi bawang putih mentah dua kali atau lebih per minggu dapat menurunkan risiko kanker paru sebesar 44 persen.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar