JPNN.com

5 Kiat Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi

Senin, 25 Februari 2019 – 22:11 WIB 5 Kiat Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi - JPNN.com

jpnn.com - Dalam kadar normal, kolesterol dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadar kolesterol tinggi, ini seakan mengundang penyakit yang berbahaya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, jantung, dan stroke.

Inilah mengapa kadar kolesterol mesti dijaga sebaik mungkin. Jika berdasarkan hasil pemeriksaan kadar kolesterol yang didapat tinggi, ada cara mudah untuk menurunkannya.

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol. Sebelum mengandalkan obat-obatan, ada berbagai perubahan pola hidup yang bisa Anda lakukan terlebih dulu sebagai upaya awal penurunan kolesterol.

Berikut di bawah ini adalah cara sederhana menurunkan kolesterol tinggi. 

1. Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung
Apa yang Anda makan adalah kunci penting dalam menurunkan kolesterol. Beberapa perubahan dalam pola makan Anda bisa mengurangi kolesterol, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.

Awali dengan konsumsi mengurangi dan membatasi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh terutama ditemukan dalam daging merah, makanan yang digoreng, susu, jeroan, dan masih banyak lagi.

Barengi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Konsumsi omega-3 tidak memengaruhi kolesterol LDL atau kolesterol jahat, manfaatnya lebih pada melindungi jantung.

Jenis makanan yang tinggi akan omega-3 termasuk ikan salmon, makerel, haring, serta kacang walnut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...