Jumat, 19 Juli 2019 – 15:09 WIB

5 Kiat Terhindar dari Stres untuk Caleg yang Gagal dalam Pemilu

Kamis, 18 April 2019 – 04:32 WIB
5 Kiat Terhindar dari Stres untuk Caleg yang Gagal dalam Pemilu - JPNN.COM

jpnn.com - Pada Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini, tak hanya dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung. Para calon legislatif (caleg) pun bersaing sengit untuk menduduki kursi wakil rakyat.

Karena kursi yang diperebutkan sangat sedikit, jika tidak siap dengan kekalahan, akan ada banyak caleg yang kecewa karena tidak lolos ke parlemen. Yang bahaya, kekecewaan itu dapat berujung pada stres.

Caleg tidak terpilih rentan stres

Sudah menjadi cerita lama kalau banyak caleg menjadi sakit, stres, bahkan terganggu kesehatan jiwanya saat gagal menjadi wakil rakyat.

Bahkan, beberapa rumah sakit sampai mempersiapkan ruang khusus bagi para caleg yang gagal dalam kontestasi Pemilu besok. Semua ini dilakukan demi menekan angka kejadian stres yang mungkin saja dialami caleg.

"Caleg mesti mewaspadai stres atau depresi. Kondisi ini menimpa mereka yang gagal. Salah satu alasannya karena sudah keluar uang banyak. Belum lagi perasaan tertekan karena sudah disokong atau mendapat dukungan sana-sini, atau harus terpilih tapi ternyata tidak terpilih," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Beberapa kiat ini dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi stres, yaitu:

1. Berbagi dengan orang terdekat

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar