5 Komoditas Deflasi Hingga 25 Persen

5 Komoditas Deflasi Hingga 25 Persen
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Gula menjadi perhatian Pemprov Jatim menjelang Ramadan. Gubernur Jatim Soekarwo telah memerintahkan agar harga rata-rata gula di pasaran terkontrol hingga Rp 11.750 atau maksimal Rp 12 ribu per kilogram.

Namun, harga gula pasir hingga, Jumat (27/5) kemarin masih bertengger di Rp 15.670 per kg.  Untuk meredam, tim pengendalian inflasi daerah dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia langsung bergerak.

Caranya ialah menggelar pasar murah untuk menyalurkan 640 ton gula seharga Rp 11.750 per kilogram di seluruh Jatim. Operasi pasar juga dilakukan untuk menjual beras, terigu, dan minyak goreng.

”Musim giling tebu sudah dimulai pada minggu ketiga Mei 2016. Kami optimistis gejolak harga gula pasir bisa diredam sehingga inflasi dapat terjaga rendah dan stabil,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim Benny Siswanto.

TPID Jatim juga memastikan ketersediaan pasokan volatile food. Di antaranya, daging ayam, telur ayam, daging sapi, aneka bawang, dan aneka cabai. Hasilnya, lima komoditas itu turun harga (deflasi) 1,92 persen hingga 25,6 persen. (rin/jos/jpnn)

 

 


SURABAYA - Gula menjadi perhatian Pemprov Jatim menjelang Ramadan. Gubernur Jatim Soekarwo telah memerintahkan agar harga rata-rata gula di pasaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News