5 Langkah Mengamankan Komputer ICS dari Serangan Siber

5 Langkah Mengamankan Komputer ICS dari Serangan Siber
Ilustrasi serangan siber. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah laporan menyebutkan terjadi peningkatan persentase komputer ICS yang diserang pada semester kedua 2020 adalah 33,4 persen ini meningkat 0,85 poin persentase dari H1 2020.

Persentase komputer ICS yang diserang di sektor teknik dan integrasi ICS masing-masing tumbuh hampir 8 poin persentase dan hampir 7 poin persentase dan 6,2 poin persentase di sektor otomasi gedung, minyak, dan  gas.

Secara keseluruhan, persentase serangan terhadap komputer ICS meningkat di 62 persen negara yang diperiksa oleh peneliti Kaspersky dan di kelima industri yang diteliti.

Untuk menghindari berbagai ancaman yang ditujukan kepada komputer ICS dan tetap terlindungi dari kejahatan siber, Kaspersky memberikan beberapa tip agar tetap aman:

1. Selalu update sistem dan perangkat lunak

Perbarui sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi secara teratur yang merupakan bagian dari jaringan industri perusahaan.

Terapkan perbaikan keamanan dan patch ke peralatan jaringan ICS segera setelah tersedia.

2. Audit secara berkala

Menghindari berbagai ancaman yang ditujukan kepada komputer ICS dan tetap terlindungi dari kejahatan siber, Kaspersky memberikan beberapa tip