5 Makanan Ini Perlu Diwaspadai Penderita Asam Urat

5 Makanan Ini Perlu Diwaspadai Penderita Asam Urat
Ilustrasi kaki. Foto: Pixabay

jpnn.com - Jika Anda sudah memiliki asam urat, penting untuk memperhatikan pola makan agar gejalanya tidak kambuh terus-menerus.

Tentunya, akan sangat menyebalkan bila asam urat muncul saat Anda harus pergi meeting atau melakukan aktivitas penting lainnya. Karena itu, Anda harus tahu makanan apa saja yang diperbolehkan dan mana yang harus disingkirkan.

Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Jika jumlah asam urat di dalam tubuh berlebih, kelebihannya tersebut dapat menumpuk di dalam jaringan tubuh dalam bentuk kristal monosodium urat (kristal asam urat).

Pada tahap awal, biasanya tidak menimbulkan gejala hingga akhirnya terjadi penumpukan kristal pada berbagai organ, apalagi jika tidak diterapi dengan tepat.

Ketahui juga bahwa penderita asam urat berisiko mengalami berbagai macam penyakit, salah satunya ginjal. Karena itu, menjaga kadar asam urat dalam batas normal sangat dianjurkan. Salah satu cara mengontrol kadar asam urat Anda adalah melalui pengaturan makanan.

Anda perlu mengetahui kandungan asam urat dari berbagai komponen makanan. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

1. Jeroan

Jeroan seperti otak, hati, dan ginjal memang enak disantap di dalam semangkok soto atau masakan Padang. Tapi untuk Anda penderita asam urat, singkirkan makanan ini jauh-jauh. Jeroan termasuk ke dalam kelompok makanan dengan purin yang tinggi, yaitu sekitar 100-1000 mg per 100 gram.

Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Jika jumlah asam urat di dalam tubuh berlebih, kelebihannya tersebut dapat menumpuk di dalam jaringan.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News