5 Makanan Unik Ini Wajib Dicoba, Ada Ulat Hingga Kelelawar

5 Makanan Unik Ini Wajib Dicoba, Ada Ulat Hingga Kelelawar
Makanan unik. Ilustrasi foto: Zibaa

jpnn.com, JAKARTA - Makanan adalah cara terbaik untuk memahami berbagai budaya dan merasakan petualangan kuliner tak terlupakan.

Bagi pencinta kuliner, berikut beberapa rekomendasi makanan unik yang wajib dicoba:

1. Aneka Makanan Timur Tengah

Kuliner dengan aneka cita rasa Persia, India, dan Mediterania dari restoran Zibaa di Summarecon Serpong, Tangerang, patut dicoba. Menu andalan mereka adalah kebab dan aneka nasi biryani yang dihidangkan secara unik dengan porsi yang banyak.

Restoran ini tak hanya menawarkan makanan unik nan lezat, tetapi juga desain bangunan yang eye catching dan instagramable, cocok sekali untuk kamu yang suka foto OOTD sembari menyantap hidangan.

2. Tempoyak

Olahan fermentasi durian yang lembek ini sangat terkenal di Sumatera. Tempoyak bisa diolah menjadi sambal yang enak. Makanan ini bisa dinikmati bersama dengan ayam, udang, pepes, atau pindang untuk pengalaman rasa yang unik.

3. Botok Tawon

Makanan eksotis dari Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menggunakan sarang tawon atau lebah sebagai bahan utama. Dipadukan dengan parutan kelapa muda dan petai cina ini dimasak dengan cara dikukus. Botok tawon memiliki rasa manis dan gurih berkat kombinasi madu dan bumbu pepes.

4. Paniki

Kelelawar, yang seringkali dianggap sebagai hewan eksotis, menjadi bahan dasar hidangan Paniki yang berasal dari Sulawesi Utara. Daging kelelawar pemakan buah ini dimasak dalam kuah yang kaya akan santan dan bumbu rica. Meskipun cukup aneh, Paniki bisa menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba bagi kamu yang berani menjelajahi kuliner Indonesia.

5. Ulat Sagu

Makanan ini telah menjadi hidangan khas sejak zaman prasejarah di Papua. Ulat sagu dapat diolah menjadi sate, keripik, campuran nasi goreng, atau dihidangkan dengan bumbu santan, pepes, dan sambal rica. Meskipun terdengar cukup ekstrim, makanan ini adalah contoh nyata dari kekayaan kuliner Indonesia yang patut dicoba. (jlo/jpnn)

Bagi pencinta kuliner, berikut ada 5 makanan unik yang wajib dicoba. Ada ulat hingga kelelawar


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News