Jumat, 24 Mei 2019 – 18:29 WIB

5 Manfaat Makan Jeroan Bagi Kesehatan

Jumat, 10 Mei 2019 – 23:53 WIB
5 Manfaat Makan Jeroan Bagi Kesehatan - JPNN.COM

jpnn.com - Aneka jenis hidangan berbahan jeroan – otak, usus, limpa, hati, jantung dan lidah – memang nikmat dan terkadang sulit untuk ditolak. Meski dikenal sebagai makanan lezat jeroan juga memiliki reputasi buruk karena efek negatifnya bagi kesehatan.

Padahal, jeroan juga memiliki manfaat. Organ-organ dalam hewan ini mengandung lebih banyak nutrisi daripada daging atau otot.  Jeroan sangat kaya akan vitamin B, mineral dan beberapa vitamin penting yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K. Selain itu, makanan ini merupakan sumber protein yang sangat baik karena menyediakan sembilan asam amino esensial.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai manfaat dari jeroan.

1. Tinggi kandungan Vitamin A

Dalam jeroan terdapat kandungan vitamin A yang tinggi, sebagai antioksidan yang paling baik. Retinol adalah vitamin A yang ditemukan dalam daging,dan berfungsimelawan kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin A juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit peradangan dan kanker, serta baik untuk kulit. Vitamin ini merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan mata. Jika dikonsumsi secara teratur, risiko degenerasi makula – bentuk kelainan mata akibat pertambahan usia – bisa  berkurang.

2. Mengandung Vitamin B kompleks

Vitamin B12, vitamin B3 (niasin), vitamin B6, vitamin B2 (riboflavin) yang terkandung di dalam jeroan berkaitan dengan efek perlindungan jantung. Salah satu cara vitamin B ini melakukannya adalah dengan menurunkan homocysteine, yakni asam amino dalam darah yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar