JPNN.com

5 Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Jumat, 23 Agustus 2019 – 11:08 WIB 5 Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari - JPNN.com

jpnn.com - Meski menimbulkan pro dan kontra, tradisi menjemur bayi di pagi hari masih sering dilakukan di Indonesia. Perilaku ini bukan tanpa alasan. Nyatanya, beberapa studi menunjukkan bahwa paparan sinar matahari di waktu yang tepat mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi. 

Kulit bayi masih sangat sensitif, dan karena itu perlu dilindungi dari paparan panas dan lembap yang berlebihan. Namun ternyata, menjemur bayi di bawah sinar matahari – khususnya di pagi hari – tak selalu berefek negatif ketika dilakukan dengan cara tepat.

Manfaat menjemur bayi

Sinar matahari memiliki tiga komponen utama, yakni cahaya tampak, sinar ultraviolet (UV), dan sinar infra merah. Di antara ketiga komponen tersebut, sinar UV adalah yang memberikan manfaat bagi kesehatan, khususnya sinar UVB. 

Menjemur bayi di waktu yang tepat dan dalam durasi yang sesuai terbukti dapat memberikan manfaat langsung bagi kesehatan tubuhnya. Beberapa manfaat tersebut, antara lain:

1. Menghangatkan tubuh bayi

Di dua bulan pertama kehidupannya, bayi masih kesulitan beradaptasi dengan suhu lingkungan, khususnya bila ia lahir dengan berat badan yang rendah. Oleh sebab itu, bayi rentan mengalami hipotermia karena suhu tubuh terlalu rendah.

Menjemur dapat menghangatkan tubuh bayi dan mengurangi risiko tersebut. Selain itu, menjemur bayi juga akan merangsang rasa haus sehingga bayi lebih banyak minum ASI. Semakin sering bayi minum ASI, tumbuh kembangnya akan lebih optimal.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...