5 Manfaat Mentimun, Nomor 3 Tokcer Bun

5 Manfaat Mentimun, Nomor 3 Tokcer Bun
Jus mentimun. Foto: The Juice Chief

jpnn.com, JAKARTA - SIAPA yang tidak suka mengonsumsi mentimun. Mentimun banyak dikonsumsi orang karena manfaat sehatnya.

Anda bisa mengonsumsi mentimun begitu saja atau diolah dalam bentuk jus mentimun, salad mentimun, air mentimun, dan lainnya.

Rutin mengonsumsi mentimun telah lama diketahui bisa memberi manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Melancarkan Pencernaan

Mentimun memiliki kandungan serat serta air. Kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk membantu mencegah sembelit dan melancarkan saluran pencernaan.

Kandungan serat berupa pektin pada mentimun juga bisa membantu mengatur pergerakan usus serta meningkatkan frekuensi buang air besar.

Selain itu, pektin pada timun juga bermanfaat mempercepat pergerakan otot usus sekaligus memberi makan bakteri baik sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam BioImpacts menemukan bahwa adanya manfaat mentimun yang efektif utntuk mengurangi stres oksidatif serta mencegah komplikasi diabetes.

Ada beberapa manfaat mentimun yang ternyata sangat tidak terduga untuk kesehatan tubuh Anda dan salah satunya ialah meningkatkan fungsi kognitif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News