5 Manfaat Pepaya yang Telah Teruji bagi Kesehatan

5 Manfaat Pepaya yang Telah Teruji bagi Kesehatan
Buah pepaya. Foto hallosehat

jpnn.com - Ada beragam jenis buah yang bisa Anda jumpai di pasaran. Dari sekian banyak, mana yang paling Anda suka? Mungkin buah yang Anda pilih adalah buah impor yang  tampak eksklusif dan sulit didapat. Di sisi lain, tak sedikit orang memalingkan muka dari buah pepaya. Padahal, manfaat pepaya sangat banyak dan telah teruji bagi kesehatan.

Pada 1997, The World Cancer Research Fund’s melaporkan bahwa konsumsi pepaya sebagai makanan penutup secara teratur baik untuk menangkal berbagai macam penyakit. Hal ini terjadi karena pepaya mengandung vitamin dan nutrisi yang mumpuni.

“Pepaya adalah salah satu buah-buahan khas daerah tropis yang sering menjadi pilihan untuk pola makan sehat. Setengah kilogram pepaya, mengandung lebih kurang 200 kalori,” kata dr. Atika dari KlikDokter.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah pepaya? Di bawah ini adalah lima di antaranya:

1.Lezat dan penuh nutrisi

Pepaya mengandung enzim bernama papain yang dapat memecah rantai protein keras pada daging otot. Oleh karena itu, orang sering menggunakan pepaya untuk melunakkan daging.

Jika pepaya matang biasa dikonsumsi sebagai buah segar, namun, pepaya mentah harus selalu dimasak sebelum dimakan. Hal ini karena buah yang belum matang, tinggi kandungan lateks dan dapat merangsang kontraksi pada ibu hamil.

Satu pepaya kecil seberat 152 gram, mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, folat (vitamin B9), kalium 11 persen dari RDI, kalsium, magnesium, serta vitamin B1, B3, B5, E serta K. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat bernama karotenoid, terutama satu jenis yang disebut lycopene. Tubuh Anda amat membutuhkan antioksidan sehingga mengonsumsi pepaya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Buah pepaya sangat mudah ditemukan di pasar dan swalayan terdekat dengan harga terjangkau. Meski begitu, manfaat pepaya bagi kesehatan, tidak bisa diabaikan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News