5 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Anak

5 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Anak
Ilustrasi anak balita (Pexel)

jpnn.com - Anak-anak umumnya tidak suka jika diajak untuk tidur siang. Apalagi bila dia harus tidur siang di tengah aktivitas bermainnya. Padahal, tidur siang banyak memberikan manfaat penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Berikut beberapa manfaat tidur siang untuk anak:

1. Tumbuh kembang anak lebih optimal

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal, dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. Hal ini disebabkan hormon pertumbuhan akan lebih aktif berproduksi saat anak tidur di siang hari.

2. Memperbaiki suasana hati anak

Menurut beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki suasana hati yang menyenangkan dibandingkan anak yang belum tidur siang.

3. Konsentrasi anak lebih fokus

Dalam penelitian yang pernah dilakukan, anak usia sekolah yang rutin tidur siang akan lebih fokus untuk belajar dibandingkan anak yang tidak tidur siang. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah di malam hari.

Anak-anak umumnya tidak suka jika diajak untuk tidur siang. Apalagi bila dia harus tidur siang di tengah aktivitas bermainnya. Padahal, tidur siang banyak memberikan manfaat penting bagi proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News