5 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Wanita Lansia

5 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Wanita Lansia
Ilustrasi lansia. Foto: Radar Semarang/JPNN

jpnn.com - Masalah kesehatan yang bisa dialami wanita lansia juga tak sedikit. Apa saja? Kaum wanita umumnya memiliki harapan hidup (life expectancy) lebih panjang dari pria.

Rata-rata, wanita dapat berusia hingga 81 tahun, sementara pria berusia 76 tahun. Hal tersebut disebabkan adanya faktor protektif dalam tubuh wanita, yaitu hormon estrogen, yang berfungsi melindungi pembuluh darah dan mencegah berbagai penyakit.

Namun, usia yang panjang ternyata tidak selalu berbanding lurus dengan kondisi kesehatan. Bertambahnya usia justru semakin meningkatkan risiko wanita lansia diserang berbagai penyakit. Apalagi, di usia lebih dari 55 tahun, hormon estrogen akan berkurang karena wanita mulai memasuki masa menopause. Ini membuat pertahanan tubuh wanita kian melemah dari waktu ke waktu.

Masalah kesehatan yang bisa dialami lansia wanita

Dari banyak masalah kesehatan yang dapat terjadi pada kemlompok lansia, berikut adalah beberapa yang paling mengintai wanita lansia:

1. Osteoporosis 

Osteoporosis adalah kondisi kepadatan tulang berkurang, karena tubuh yang tidak mampu lagi mengatur keseimbangan mineral dalam tulang. Akibat kondisi ini, tulang jadi keropos dan mudah patah. 

Osteoporosis paling sering terjadi pada wanita lansia. Data bahkan menyebutkan bahwa hampir 75 persen dari penderitanya adalah kaum wanita. 

Selain kondisi kulit yang sudah tak lagi kencang, wanita lansia juga sering mengalami masalah kesehatan ini.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News