JPNN.com

5 Olahraga Ini Aman Bagi Penderita Vertigo

Selasa, 31 Desember 2019 – 04:45 WIB
5 Olahraga Ini Aman Bagi Penderita Vertigo - JPNN.com
Sakit kepala. Foto: NDTV.com

jpnn.com - Bagi penderita vertigo, berolahraga mungkin menjadi aktivitas yang tidak masuk dalam daftar prioritas. Karena, pusing yang diakibatkan oleh penyakit ini memang membuat kepala seperti ‘berputar’ dan tidak tertahankan.

Hal ini tentu sangat mengganggu, khususnya ketika berolahraga. Padahal, olahraga untuk penderita vertigo itu sangat disarankan.

Vertigo adalah kondisi yang seringkali disebabkan oleh masalah pada telinga bagian dalam. Terutama pada lansia, sensasi pusing dapat mengakibatkan kecenderungan untuk jatuh, rasa takut akan jatuh, dan hilangnya kemandirian.

Penderita vertigo seringkali mengabaikan olahraga karena pusing yang diderita. Sebenarnya, ada beberapa pilihan olahraga yang aman dilakukan.

Pusing yang dirasakan dapat mereda dengan beberapa olahraga yang sederhana, tidak membutuhkan biaya maupun alat. Hanya mengandalkan mata, kepala, dan gerakan tubuh.

Dengan berolahraga, para penderita vertigo dapat mengalami penurunan dalam berbagai aspek. Misalnya gejala, disabilitas, serta kecacatan akibat pusing yang dirasakan secara jangka panjang.

Dilansir dari WebMD, olahraga dianjurkan untuk dilakukan sejak dini, idealnya setelah serangan vertigo pertama muncul. Selain terapi obat, motivasi juga tak kalah penting untuk kesembuhan vertigo.

Motivasi untuk para penderita vertigo penting agar penderita tidak menarik diri secara sosial maupun fisik, atau menyerah dengan bertumpu pada alat bantu jalan saja.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy