JPNN.com

Meditasi Bisa Mengatasi Vertigo?

Jumat, 19 Juli 2019 – 23:23 WIB Meditasi Bisa Mengatasi Vertigo? - JPNN.com

jpnn.com - Sensasi sekeliling berputar, kehilangan keseimbangan, seperti diayun, atau ditarik-tarik ke satu arah adalah gejala utama vertigo. Sebagian orang memilih menghindari obat demi mengatasi gejala vertigo. Meditasi disebut bisa mengusir kondisi tersebut. Apakah cara ini efektif?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu tahu bahwa gejala vertigo atau dizziness pada tiap orang bisa bervariasi. Ada yang berlangsung sebentar, ada pula yang mengalaminya dalam durasi lama.

Bisa atau tidak mengatasi vertigo dengan meditasi?

Mungkin karena ingin pengobatan yang lebih alami, beberapa orang mencoba untuk melakukan meditasi untuk mengatasinya. Menurut dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, meditasi sendiri tak berpengaruh untuk kesembuhan gejala vertigo.

“Kalau bikin tenang dan lebih relaks, meditasi bisa membantu. Tapi kalau untuk penyembuhannya sendiri, tidak bisa. Dari sudut pandang medis atau dari penelitian, tidak ada yang menyebutkan bahwa meditasi adalah pertolongan pertama untuk menyembuhan vertigo,” kata dr. Dery saat dikonfirmasi.

Menyembuhkan vertigo harus dilakukan sesuai dengan jenisnya. Umumnya, vertigo paling sering dialami adalah benign paraoxymal positional vertigo (BPPV). Kondisi ini sangat mungkin terjadi jika terdapat partikel kalsium di saluran telinga bagian dalam. Karena saluran telinga bagian dalam berfungsi sebagai penjaga keseimbangan tubuh, maka orang yang mengalaminya dapat merasakan gangguan keseimbangan.

BPPV sendiri akan menciptakan sensasi pusing yang cukup singkat dan sering dipicu oleh perubahan fisik, seperti menggerakkan kepala ke atas atau ke bawah, berbaring, membalikan badan, atau duduk. Selain pusing, gejala BPPV lainnya meliputi mual dan kegelisahan yang berlebih.

Jika gejala vertigo masih sering kambuh atau tak juga membaik, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Jangan sampai diabaikan, ya, karena gejala ini mungkin menyebabkan berbagai gangguan kesehatan hingga penurunan kualitas hidup penderita.(RN/RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...