6 Cara Mengatasi Vertigo dengan Tepat

6 Cara Mengatasi Vertigo dengan Tepat
Ilustrasi sakit kepala. Foto: Pixabay

jpnn.com - Kemunculan vertigo yang bisa datang tiba-tiba dapat merusak aktivitas Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati, bahkan mencegah munculnya gejala tersebut.

1. Jangan panik

Dikatakan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, saat vertigo menyerang Anda tak perlu panik.

“Usahakan untuk tetap tenang dalam beberapa saat. Atur napas dan jangan menggerakkan kepala secara mendadak. Karena hampir kasus vertigo adalah jenis BPPV, cobalah untuk menstabilkan kepala dalam posisi tegak. Terkadang, memperbaiki posisi kepala dapat membantu mengurangi rasa pusing berputar,” jelasnya.

2. Pastikan gula darah seimbang

Makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat memicu peningkatan gula darah dalam tubuh. Begitu juga dengan alkohol yang dapat memperburuk gejala vertigo.

Berdasarkan penelitian, mengurangi lemak dan karbohidrat yang tidak sehat sambil memperbanyak makanan yang tinggi serat dapat menstabilkan trigliserida dan meminimalkan kerusakan pada telinga bagian dalam.

Selain itu, mengonsumsi makanan bernutrisi seperti sayur dan kacang-kacangan juga bagus untuk menstabilkan gula darah dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Jangan sampai diabaikan vertigo, karena gejala ini mungkin menyebabkan berbagai gangguan kesehatan hingga penurunan kualitas hidup penderita.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News