JPNN.com

5 Partai Aman Masuk Senayan, Sisanya Terancam Gagal

Sabtu, 12 Januari 2019 – 23:57 WIB 5 Partai Aman Masuk Senayan, Sisanya Terancam Gagal - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemilihan anggota legislatif  alias pileg 2019 semakin mendekat. Beragam alat peraga kampanye bertebaran dipasang para calon anggota legislatif  yang berebut dukungan dan simpati

Bagaimana dinamika kampanye yang telah berjalan lebih dari tiga bulan berdampak pada elektabilitas parpol?.

Temuan lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan bahwa lima besar parpol dipastikan lolos masuk ke Senayan, sedangkan sisanya berpeluang maupun terancam tidak akan lolos.

Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran persnya mengatakan lima parpol berada di posisi aman. Di antaranya PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, dan Demokrat.

"Lima partai berada pada posisi aman melewati ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen,” ujar Vivin.

Dari hasil survei indEX, kelima parpol meraih elektabilitas di atas ambang batas tersebut. PDIP menempati posisi puncak dengan raihan 25,7 persen, disusul Gerindra pada posisi kedua sebesar 14,7 persen.

“Gerindra berhasil menggeser Golkar ke posisi ketiga dengan raihan 9,8 persen,” lanjut Vivin. Posisi keempat ditempati oleh PKB (7,5 persen) dan kelima Demokrat (4,6 persen).

“Enam parpol lainnya masih berpeluang untuk dapat menembus ambang batas, dengan memperhitungkan margin of error survei,” jelas Vivin.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...