5 Pelatih Top yang Gagal Bersinar di Liga Inggris, Ada The Next Jose Mourinho

5 Pelatih Top yang Gagal Bersinar di Liga Inggris, Ada The Next Jose Mourinho
Andre Villas Boas saat menangani Marseile. Foto: Twitter @OM_Officiel

jpnn.com, LONDON - Premier League terkadang bukanlah kompetisi yang ramah bagi sejumlah pelatih top dunia.

Seringkali juru taktik kawakan yang menangani klub Inggris diberhentikan di tengah jalan akibat performa klub yang tidak sesuai harapan.

Momen paling dekat ialah dipecatnya Jose Mourinho karena gagal memberikan sumbangsih positif bagi Tottenham Hotspur. Mourinho dipecat setelah bertugas hanya 17 bulan bersama Spurs. 

Sebelum Mourinho, ada sejumlah manajer yang menjalani pertarungan di Liga Inggris dengan buruk. Melihat fakta itu, Jpnn.com telah menghimpun lima pelatih top yang gagal bersinar di tanah britania. Simak di bawah ini.

1. Lois Van Gaal (Manchester United)

Van Gaal ditunjuk menangani United untuk menggantikan David Moyes yang dipecat. Dia datang dengan curriculum vitae alias CV mumpuni, yakni memenangi trofi Bundesliga dengan Bayern Munchen, Eredivisie dengan AZ Alkmaar, dan La Liga bersama Barcelona.

Van Gaal juga membawa Belanda finis di peringkat tiga Piala Dunia 2014. Pelatih 70 tahun itu membawa secercah harapan bagi fan MU yang ingin melihat klub kesayangannya berprestasi.

Namun, itu hanya angan-angan belaka. Di tahun pertamanya, Van Gaal membawa MU finis di peringkat tiga Premier League, dan di tahun berikutnya melorot ke posisi ke lima. Dia akhirnya dipecat oleh MU pada 2016 meski sanggup mempersembahkan trofi Piala FA.

Premier League terkadang bukanlah kompetisi yang ramah bagi sejumlah pelatih top dunia. Berikut kami himpun lima juru taktik elite yang gagal bersinar di Inggris.