5 Peran Penting Antioksidan bagi Kulit

5 Peran Penting Antioksidan bagi Kulit
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Setiap hari, kulit terpapar oleh polusi, debu, sinar matahari, dan bahan-bahan kimia yang bisa meningkatkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Akibatnya, lapisan terluar tubuh ini rentan kering, bernoda, hingga timbul tanda-tanda penuaan. Apa peran antioksidan dalam mengatasi hal ini?

Kebanyakan radikal bebas picu penyakit

Radikal bebas bisa bermanfaat sekaligus berbahaya bagi tubuh. Pada dasarnya, tubuh secara alami memproduksi radikal bebas untuk menetralkan virus dan bakteri. Namun, jika terlalu banyak menumpuk, radikal bebas dapat memengaruhi DNA, lipid, dan protein yang dapat memicu penyakit. 

Di sisi lain, radikal bebas adalah molekul tidak stabil dan sangat reaktif yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Untuk mendapatkan stabilitas, mereka menyerang molekul stabil sehingga memicu kerusakan sel-sel sehat. 

Akibatnya, terjadi stres oksidatif di dalam tubuh, atau ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dan kemampuan tubuh untuk menetralkan atau mendetoksifikasi efek berbahaya tersebut. Nah, efek ini pun turut terjadi pada kulit. 

Untuk itu, yang dapat Anda lakukan adalah menetralkan, melindungi, dan mempertahankan kulit dengan antioksidan. Dibutuhkan antioksidan yang dapat membantu mempertahankan sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jika antioksidan tidak mencukupi, baik yang dari dalam maupun luar tubuh, kerusakan akibat radikal bebas pun jadi malapetaka pada kulit. Antara lain rusaknya kolagen, DNA sel, dan merusak kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya. 

Peran antioksidan
Jadi, apa saja peran penting antioksidan bagi kulit Anda?

Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan antioksidan agar kulit Anda dapat terhindar dari kerusakan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News