50 Sanggar Seni Memeriahkan Tasikmalaya October Festival 2019

50 Sanggar Seni Memeriahkan Tasikmalaya October Festival 2019
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: Dok. Humas Kemenpar

jpnn.com, TASIKMALAYA - Tasikmalaya October Festival (TOF) 2019 segera digelar. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, tanggal 13-15 Oktober. Sedikitnya 50 sanggar seni akan terlibat dalam event tahunan ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Tasikmalaya Hadian mengatakan TOF sudah menjadi agenda rutin yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Tasikmalaya, dimana tahun ini memasuki usia ke-18. Secara resmi, TOF 2019 akan dibuka Minggu (13/10) pagi, dengan kegiatan karnaval atau helaran bertajuk ‘Gebyar Pesona Payung Geulis’.

“Peserta karnaval akan start di Taman Kota Tasikmalaya, dan finish di perempatan Jl. Nagarawangi. Karnaval Budaya TOF 2019 terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Tasik Fashion Carnaval dan Tasik Jampana Festival,” ujarnya, Jumat (11/10).

Tasik Fashion Carnaval akan menampilkan busana kreatif yang indah dan unik. Menggambarkan kekayaan dan potensi Kota Tasikmalaya, yang disesuaikan dengan tema. Pada kelompok ini, karnaval diiringi musik fashion show yang disiapkan oleh panitia.

Sementara Tasik Jampana Festival akan diisi dengan berbagai potensi dan keberhasilan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), perwakilan kecamatan, atau institusi. Design jampana dapat menampilkan ikon yang dirancang dengan unik dan lucu. Selain itu, Jampana Festival juga akan diiringi oleh tampilan budaya masing-masing kontingen.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, TOF 2019 juga akan diisi dengan Pameran Tasik Kreatif dan Panggung Budaya. Seluruh acara akan dikonsentrasikan di Lapangan Dadaha, sehingga pengunjung bisa fokus ke satu tempat. Dengan demikian, masyarakat dan pendatang atau wisatawan dapat menikmati hiburan sekaligus menambah wawasan terkait otensi-potensi yang ada di Tasikmalaya.

“TOF 2019 akan menjadi momen bagi masyarakat dan wisatawan untuk mengenal Tasikmalaya lebih dalam. Terutama tentang potensi-potensi yang dimiliki, mulai dari seni, budaya, fashion, hingga kuliner khas daerah. Mudah-mudahan TOF semakin berkembang dan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan,” harapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Tasikmalaya memiliki segudang potensi di sektor pariwisata. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata religi, seni, budaya, UKM, dan lain-lain. Untuk menunjang sektor pariwisata, Tasikmalaya juga mempunyai beragam event atau festival, baik skala nasional maupun internasional. Selain TOF, ada juga Festival Kuliner Tasikmalaya, Tasikmalaya Craft and Culture Festival, dan lain sebagainya

Sebanyak 50 sanggar seni akan terlibat menyukseskan Tasikmalaya October Festival (TOF) 2019 yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 13-15 Oktober 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News