51 Persen Jalan di Sumatera Rusak

51 Persen Jalan di Sumatera Rusak
51 Persen Jalan di Sumatera Rusak
PEKANBARU-- Kondisi jalan di kawasan Sumatera banyak yang rusak. Jalan provinsi yang mengalami rusak ringan dan berat di Sumatera sekarang ada sepanjang 9.008 kilometer atau 51,3 persen dari panjang jalan yang ada. Sementara kondisi jalan Nasional yang mengalami kerusakan di Pulau Sumatera sepanjang 1.333,32 kilometer atau 12,59 persen.

Kerusakan jalan ini menyebabkan kondisi jalur perhubungan transportasi di masyarakat terganggu. Permasalahan kerusakan jalan ini memerlukan pengkajian dan pendataan serta pembangunan atau perbaikan oleh seluruh pemerintahan yang ada di Sumatera.

Ini terungkap pada pertemuan Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera, Senin kemarin, di Hotel Labersa Kampar, Provinsi Riau. Dalam pertemuan yang dihadiri gubernur, wakil gubernur, Kepala Bappeda se-Sumatera ini, menyepakati berkerjasama dalam melakukan pembangunan jalan yang ada sekarang.

Ketua Forum Gubernur se-Sumatera, HM Rusli Zainal menjelaskan, disamping kondisi existing jalan nasional dan provinsi, jalur transportasi perkereta-apian di Pulau Sumatera sekarang ini cenderung tidak mengaami perkembangan. Sebab, kata dia, pembangunan rel kereta api sekarang lebih bersifat parsial dan tidak terintegrasi dalam road map Pulau Sumatera.

PEKANBARU-- Kondisi jalan di kawasan Sumatera banyak yang rusak. Jalan provinsi yang mengalami rusak ringan dan berat di Sumatera sekarang ada sepanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News