52 Pria Batam Ikut KB Vasektomi

52 Pria Batam Ikut KB Vasektomi
52 Pria Batam Ikut KB Vasektomi
BATAM - Batam tercatat baru memiliki satu dokter ahli metode operasi pria (MOP) untuk melayani tindakan KB bagi pria yaitu vasektomi tanpa pisau (VTP). Padahal, idealnya satu kota atau kabupaten harusnya memiliki minimal dua orang dokter ahli.

Hal ini terungkap dalam pelatihan vasektomi dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasioanal (BKKBN) dengan menggandeng Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI) di Hotel PIH Batam Center, Jumat (21/10).

Metode vasektomi konvensional pada umumnya memerlukan irisan pisau pada kulit skrotum (kantung yang membungkus testis) dengan skalpel (pisau bedah). Namun, dengan vasektomi tanpa pisau (VTP), teknik yang digunakan lebih sederhana dan menggunakan gunting. "Asal dilakukan oleh tenaga ahli dan terampil, hasilnya bagus dan tidak ada masalah," papar Sekretaris Eksekutif PKMI, Muammar.

Menurut dr Elsa Pongtuluran dari BKKBN Kepri, vasektomi merupakan prosedur yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan karena bersifat permanen. "Dalam kondisi normal, sperma diproduksi dalam testis. Pada saat ejakulasi, sperma mengalir melalui 2 buah saluran berbentuk pipa (vas deferens), bercampur dengan cairan semen (cairan pembawa sperma), dan keluar melalui penis," ucap Elsa.

BATAM - Batam tercatat baru memiliki satu dokter ahli metode operasi pria (MOP) untuk melayani tindakan KB bagi pria yaitu vasektomi tanpa pisau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News