Senin, 22 Juli 2019 – 12:34 WIB

53 Hektare Lahan di Rohil dan Pelalawan Hangus Terbakar

Selasa, 02 Juli 2019 – 03:15 WIB
53 Hektare Lahan di Rohil dan Pelalawan Hangus Terbakar - JPNN.COM

jpnn.com, PEKANBARU - Puluhan hektar lahan di dua kabupaten yakni Rokan Hilir (Rohil) dan Pelalawan Provinsi Riau dilanda kebakaran.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger tak menampik adanya kebakaran lahan tersebut.

Disampaikannya, lahan terbakar itu berada di Dusun Pangkalan Delik, Kecamatan Pelalawan dan di Jalan H Imam Munandar, Kepuluan Teluk Bano II, Kecamatan Pengkaitan, Kabupaten Rohil.

BACA JUGA: Yakinlah, Gerindra akan Tetap Pilih sebagai Oposisi

“Di Pelalawan luasan lahan terbakar sekitar 3 hektare dan di Rohil sekitar 50 hektare,” ungkap Edwar Sanger kepada Riau Pos, Minggu (30/6).

Saat ini, ditambahkan mantan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, petugas tengah berjibaku melakukan pemadaman di lapangan. Hal itu, guna mengantasipasi meluasnya kebakaran lahan. “Kita masih melakukan pemadanan dan pendinginan lahan yang terbakar,” imbuhnya.

Atas kondisi itu, sambung dia, menyebabkan luas lahan yang terbakar kian bertambah. Dimana sejauh ini, tercatat 3.220 hektare lahan telah hangus terbakar sejak Januari hingga Juni 2019. Dari jumlah tersebut, Kabupaten Bengkalis menjadi wilayah yang terluas mengalami Karhutla dengan luas mencapai 1.426.83 hektare. “Yang terluas (Karhutla) di Wilayah Bengkalis,” kata Kepala BPBD Provinsi Riau.

Di Bengkalis, kebakaran lahan yang paling luas berada di Pulau Rupat. Di Pulau yang berada persis di bibir Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan negara tetangga itu mengalami kebakaran sejak awal tahun. Kondisinya terus memburuk hingga bulan berikutnya hingga membuat Panglima TNI harus mengirimkan seribuan anggota Komando Strategis Angkatan Darat untuk membantu pemadaman.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar