550 Delegasi Akan Hadiri KTT Asean Summit 2023 di Labuan Bajo, BPOLBF Ajak Masyarakat Lakukan Ini

550 Delegasi Akan Hadiri KTT Asean Summit 2023 di Labuan Bajo, BPOLBF Ajak Masyarakat Lakukan Ini
Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT bersiap menyambut event internasional KTT Asean Summit ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang. Foto dok BPOLBF

jpnn.com, LABUAN BAJO - Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT (Nusa Tenggara Timur) bersiap menyambut event internasional KTT Asean Summit ke-42 pada 9-11 Mei 2023 mendatang.

KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo nantinya akan dihadiri 550 delegasi anggota Asean, termasuk Timor Leste.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan KTT Asean Summit 2023 akan dihadiri 11 kepala negara dari anggota Asean dan negara sahabat.

Selain itu ada sekitar 300 hingga 500 orang panitia nasional lintas K/L, dan 1.300 pasukan pengamanan akan hadir di Labuan Bajo.

Hal ini tentunya akan berdampak signifikan untuk pariwisata Labuan Bajo.

"Ini akan berdampak langsung ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung seperti transportasi, akomodasi, kerajinan maupun tidak langsung seperti supply bahan makanan dari pertanian dan peternakan," ungkap Shana Fatina di Labuan Bajo, NTT, Jumat (28/4).

Oleh karena itu, untuk meratakan dampak ekonomi berbagai acara disiapkan panitia agar bisa menyentuh langsung ke masyarakat luas.

"Delegasi juga akan diarahkan dan ditawarkan untuk mengunjungi atraksi dan desa wisata di sekitar Labuan Bajo, kunjungan diharapkan dapat dilakukan di luar jadwal resmi dikarenakan selama tiga hari jadwal KTT ASEAN Summit padat dengan agenda rapat-rapat. Hal ini sebagai upaya kami untuk ikut melibatkan masyarakat dan desa wisata," jelas Shana.

Delegasi KTT Asean Summit 2023 juga akan diarahkan dan ditawarkan untuk mengunjungi atraksi dan desa wisata di sekitar Labuan Bajo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News