550 Ribu Guru Masih Tamatan SMA

550 Ribu Guru Masih Tamatan SMA
550 Ribu Guru Masih Tamatan SMA
JAKARTA - Meningkatnya penghasilan guru ternyata belum diikuti dengan peningkatan kualitas. Data terakhir yang dimiliki Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyebutkan, sebanyak 48,69 persen atau 1.424.513 orang guru belum memenuhi kualifikasi dari segi jenjang pendidikan.

Ketua PB PGRI, Sulistyo menjelaskan, pembinaan dan pengambangan kompetensi dan karir guru selama ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kompetensi guru tidak berkembang, telebih mereka yang lulus dari lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang kurang bermutu.

"Standar kompetensi guru perlu disiapkan, dijaga dan dibina. Saat ini pembinaan karir tidak jelas, bahkan banyak yang perlakuan karirnya penuh dengan nuansa hukuman. Misalnya pengangkatan pejabat birokrasi pendidikan, kepala sekolah, pengawas," kata Sulistyo dalam konferensi pers HUT ke-67 PGRI dan Hari Guru Nasional di Jakarta, Senin (26/11).

Menurut Suslityo, peningkatan kualifikasi guru terkendala karena banyak guru yang tidak bisa meninggalkan tugas atau tidak memiliki dana. Padahal, guru-guru tersebut belum menamatkan jenjang pendidikan S1 atau Diploma IV, sesuai syarat yang diamanatkan UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen.

JAKARTA - Meningkatnya penghasilan guru ternyata belum diikuti dengan peningkatan kualitas. Data terakhir yang dimiliki Pengurus Besar Persatuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News