6 Bupati/Wako Maju di Pilkada Gubernur

6 Bupati/Wako Maju di Pilkada Gubernur
6 Bupati/Wako Maju di Pilkada Gubernur
PADANG -- Sejumlah bupati/walikota di wilayah Sumatera Barat tampaknya terinspirasi oleh suksesnya Gamawan Fauzi yang berhasil naik menjadi gubernur, dari sebelumnya bupati Solok. Menjelang pilkada gubernur 2010, setidaknya ada enam bupati/walikota di Sumbar yang sudah berancang-ancang maju di pilkada gubernur. Mereka adalah Bupati Agam H Aristo Munandar, Muslim Kasim (bupati Padangpariaman), Drs H Djufri (wali Kota Bukiktinggi), Darius Apan (Bupati Sijunjuang), Drs H Fauzi Bahar MSi (wali Kota Padang) dan Bupati Pessel Nasrul Abit. Nama yang terakhir itu hanya mengincar kursi wakil gubernur.

Berdasarkan hitung-hitungan politis, dari keenam nama itu hanya Aristo, Djufri dan Muslim Kasim yang lebih berpeluang untuk maju dan menjadi pemenang. Pasalnya, masa tugas untuk kedua kalinya sebagai kepala daerah sudah hampir habis, sehingga tidak punya beban lagi ikut pilkada gubernur. Mereka lebih mudah mengambil keputusan ikut maju karena tidak berspekulasi meninggalkan jabatan yang sudah ada di tangan.

Sementara, Djufri yang telah dua periode memimpin Bukiktinggi, 1 Oktober depan akan dilantik sebagai anggota DPR RI di Senayan, Jakarta. Namun, sesuai ketentuan, dia tidak harus mundur dari dewan saat maju pilkada. Sebagai ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, dia tidak akan kesulitan mendapatkan 'perahu' yang akan mengantarkannya ke bursa pencalonan. Ini berbeda dengan Muslim dan Aristo yang masih harus mencari cantolan partai yang mau mengusungnya.

Sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2008 partai bisa mengusulkan calon jika memiliki minimal 15 persen kursi di DPRD provinsi, kabupaten/kota. Sementara untuk Sumbar, Partai Golkar dan Demokrat sudah memenuhi ketentuan tersebut dan dapat mengajukan sepasang calon. Sementara PAN, PKS, PPP, PBR, Hanura, Gerindra dan PDI Perjuangan, harus terlebih dahulu membangun koalisi.

PADANG -- Sejumlah bupati/walikota di wilayah Sumatera Barat tampaknya terinspirasi oleh suksesnya Gamawan Fauzi yang berhasil naik menjadi gubernur,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News